System informasi manajemen-SIM (management information System-MIS) didefinisikan sebagai suatu system berbasis computer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa.
I. Definisi
∎Sistem Suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur-prosedur yang saling berhubungan,yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan utama organisasi/institusi.
∎DataTerdiri atas fakta dan angka yang biasanya tdk bermanfaat karena volumenya yg besar dan sifatnya yang masih belum diolah.
∎Informasi Data yang telah diproses/di olah sehingga memiliki arti atau manfaat yg berguna.
∎Manajemen Sebagai PROSES, manajemen adalah kegiatan yg dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan org lain demi mencapai tuiuan yang sama sebagai SUBJEK, manajemen adalah orang yg melaksanakan kegiatan tersebut.
∎Sistem Informasi Manajmemen jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem dgn maksud memberikan informasi yg bersifat Intern dan ekstern kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan.
SIM akan menghasilkan informasi ini melalui penggunaan dua jenis peranti lunak, yaitu :
• Peranti lunak pembuat laporan (report-writing software) yang menghasilkan laporan berkala maupun laporan khusus.
• Model matematis menghasilkan informasi sebagai hasil dari suatu simulasi atas operasi perusahaan.
∎FRAMEWORK MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Contoh kerangka kerja dari Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah sistem pengelolaan data karyawan dan penggajian pada sebuah perusahaan manufaktur, atau biasa disebut Human Resources Information System (HRIS). Software HRIS tersebut biasanya melakukan proses penyimpanan database karyawan dalam sebuah perusahaan. Dari mulai karya wanter sebut di-hire sebagai karyawan sampai dengan karyawan tersebut resign. Manajemen Layanan Sistem Informasi pada HRIS terletak pada proses penginputan data oleh Admin dan juga transaksi-transaksi yang dilakukan secara online oleh karyawan itu sendiri.
Proses Penginputan data oleh Admin biasanya berupa data personal karyawan, gaji, serta data lainnya sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan.Transaksi-transaksi yang dilakukan oleh karyawan biasanya berupa permohonan cuti, overtime, atau yang berhubungan dengan Finance, seperti claim medical reimbursement, expenses, dan lain sebagainya. Proses otomatisasi tersebut dapat mengurangi kemungkinan human error juga mempercepat proses dengan mengurangi risiko tercecernya dokumen pendukung.
∎ Rivew
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang terpusat pada konsumen layanan SI terhadap bisnis-bisnis tertentu.
Dan adakala layanan sistem informasi bisa juga digunakan sebagai sarana-sarana untuk mempermudah mendapatkan informasi , Manajemen Layanan Sistem Informasi memberikan pengaruh besar terhadap industri-industri dan pesatnya pertumbuhan dalam bidang jasa yaitu teknologi, bisnis, manajemen, dan pemasaran. sebuah perusahaan pun akan mengalami keuntungan jika menerapkan sistem manajemen layanan yang baik.
∎Kesimpulan :
Dengan adanya Manajemen Layanan Sistem Informasi kita sebagai pengguna merasa mudah nyaman memakai Layanan Sistem Informasi ini sebab itu kita sebagai pengguna ini harus menjaga dengan baik layanan ini.
∎Referensi :
http://aisel.aisnet.org/cgi/viewcontent.cgi?article=1020&context=confirm2011
http://wiji-cio-8a.blog.ugm.ac.id/2013/03/22/itsm-it-service-management/
http://speaking-knowledge.blogspot.com/2010/01/it-servicemanagement-itsm.html
http://andgaa.web.id/it-service-management-itsm/http://id.wikipedia.org/wiki/ITM/
http://darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id/2013/02/28/manajemen-layanan-ti-atau-manajemen-layanan-dukungan-ti/
https://nicohernawan.wordpress.com/artikel-sim-sistem-informasi-manajemen/
mantap!!! ,makasii sis artikelnya sangat bermanfaat.
BalasHapus